Home » Asuransi Kesehatan

Swine Flu (Flu Babi) Update

Submitted by on May 3, 2009 – 12:35 am | 5,370 views

swine-flu-flu-babiSeperti dirilis oleh CNN-report, telah terjadi 103 kasus kematian yang diduga disebabkan oleh Swine Flu atau Flu Babi di negara Mexico. Anda mungkin telah mendengar tentang wabah Flu Babi di Mexico, Amerika Serikat (merenggut sedikitnya 80 korban sampai saat ini), yang sekarang telah menjadi perbincangan di negara-negara lain. Ada kemungkinan kita sedang menyaksikan awal epidemik influenza berikutnya.

Berikut adalah sebagian informasi terkini yang berhasil dihimpun, walaupun masih dalam jumlah yang terbatas.

Apa itu Swine Flu (Flu Babi) ?

Flu Babi termasuk dalam kelompok virus influenza yang menyebabkan terjangkitnya flu pada babi. Infeksi pada manusia merupakan hal yang tidak lazim. Jenis Flu Babi yang menjangkiti manusia adalah suatu jenis penyakit influenza A/H1N1. Belum diketahui secara pasti bagaimana penyakit itu berkembang. Komposisi genetiknya terdiri dari jenis flu yang biasa diidap manusia, flu avian (burung), dan flu babi.

Apa saja bentuk-bentuk indikasinya?

Hingga saat ini, informasi yang berhasil dirangkum masih sangat terbatas. Terlihat bahwa indikasi awal dari penyakit ini serupa dengan flu musiman; batuk-batuk, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, pilek berkepanjangan/hidung berair, kelelahan, dan sakit pada otot. Muntah-muntah dan diare juga bisa menjadi bentuk indikasi yang lainnya. Ksus-kasus yang parah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat (dalam kurun waktu 5 hari), dan dapat mengarah pada sejenis penyakit pneumonia (nafas yang pendek dan kesulitan bernafas).

Apakah Flu Babi adalah jenis penyakit berbahaya?

Terlihat bahwa virus ini memiliki kemampuan untuk menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya. Akan tatapi, belum diketahu seberapa besar kemungkinan mereka yang terjangkiti akan mengidap penyakit berbahaya. Sebagian besar kasus di Amerika Serikat sampai saat ini masih termasuk dalam taraf ringan. Belum ditemukan kasus yang berbahaya.

Di Mexico, telah ditemukan beberapa kasus yang berakibat fatal, yang menjangkiti dewasa muda. Proporsi dari kasus-kasus tersebut cenderung lebih tinggi dari pada flu musiman reguler.

Mengapa penyakit ini berdampak lebih parah di negara Mexico masih belum diketahui penyebabnya.

Bagaimana penyebaran Flu Babi?

Penyebaran yang paling sering terjadi dari orang yang satu ke orang yang lain adalah melalui infectious respiratory droplets (partikel air yang terbentuk pada saat seseorang batuk, bersin, atau bicara).

Bagaimana cara pencegahan penyakit ini?

Dengan menjaga kebersihan. Hindari orang-orang yang terlihat sakit. Cucilah tangan ada secara teratur. Hindari menyentuh wajah Anda, dan apabila anda melakukannya, pastikan tangan Anda sudah bersih.

Apakah tersedia vaksin untuk penyakit ini?

Semua bukti sampai saat ini menunjukan bahwa virus ini sensitive terhadap pengobatan antiviral seperti oseltamivir (Tamiflu®) dan zanamivir (Relenza®). Pengobatan ini disarankan untuk dilakukan sesuai dengan anjuran dokter.

Sebagai bentuk praktek hidup sehat, masyarakat hendaknya memastikan bahwa semua vaksinasi rutin mereka telah lengkap. Ini termasuk Vaksin Pneumokokus untuk sebagian dewasa. Vaksin ini biasanya disarankan untuk mereka yang berusia di atas 65 tahun, dan mereka yang berusia lebih muda yang mengidap masalah kesehatan jangka panjang (penyakit jantung, diabetes, alkoholik, COPD, emphysema, asma, pengobatan kanker, HIV/AIDS).

Tips Perjalanan

Apabila seseorang telah melukan perjalanan ke suatu daerah dimana telah dilaporkan adanya kasus penyebaran virus, atau berinteraksi dengan seseorang yang telah melakukan perjalanan dari daerah penyebaran virus, maka perlu diperhatikan adanya indikasi-indikasi yang mencurigakan, dan segera menghubungi dokter apabila ditemukan adanya indikasi tertentu.

Untuk informasi asuransi kesehatan yang menggunakan kartu (cashless) dapat menghubungi 0813-14-15-4684 atau info@asuransijiwaku.com

www.pdf24.org    Send article as PDF   

Tags: ,

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.