Home » Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan Awal Menuju Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)

Submitted by on December 28, 2009 – 10:29 am | 5,763 views

Perencanaan keuangan“Perencanaan keuangan” diperlukan bagi anda yang ingin mencapai tujuan keuangan anda, seperti halnya pepatah lama yang mengatakan “Gagal merencanakan sama dengan merencanakan untuk gagal”  apabila dalam merencanakan keuangan anda tidak membuat perencanaan atau dalam merencanakan masih kurang baik maka anda sedang merencanakan kegagalan.

Coba anda renungkan sejenak : orang yang telah melakukan perencanaan saja bisa gagal, apalagi anda yang tidak merencanakan sudah pasti 100% gagal bukan? seperti yang selalu Robert T.Kiyosaki tekankan dalam setiap bukunya yang mega best seller yaitu Pentingnya Memiliki dan terus Mengasah Kecerdasan financial anda karena hal inilah yang akan membawa anda menuju kebebasan keuangan (financial freedom).

Untuk membuat sebuah rencana keuangan masih banyak yang tidak dimengerti oleh sebagian besar orang mengenai hal yang berkaitan dengan masalah keuangan. misalnya, orang ingin menabung untuk mempersiapkan uang muka pembelian sebuah rumah, mungkin tidak tahu berapa jumlah yang harus ditabung setiap bulannya, dan mungkin juga tidak bisa memperkirakan akan menjadi berapa harga rumah tersebut kelak, pertanyaan pertanyaan seperti ini akan banyak sekali muncul dan tidak akan bisa dengan mudah dijawab karena tidak adanya pengetahuan tentang “perencanaan keuangan“.

Dalam hal ini mungkin anda butuh bantuan seorang perencana keuangan untuk membantu anda membuat rencana keuangan dimana apabila rencana tersebut dijalankan, maka anda yang menjalankannya bisa mencapai tujuan keuangan yang sudah ditetapkan.

Biasanya sebelum membuat rencana keuangan, si perencana harus melakukan fact finding melalui interview dan quesioner  mengenai tujuan tujuan keuangan anda kelak, situasi dan kondisi keuangan anda pada saat ini, baru kemudian rencana keuangan dibuat.

Di beberapa negara maju, profesi perencana keuangan seperti ini sudah sangat lazim, dan di Indonesia sendiri baru 5 tahun belakangan profesi perencana keuangan mulai dikenal, berikut beberapa cara seorang perencana keuangan dibayar :

  1. Honor
    Dalam hal ini seorang perencana keuangan menerima bayaran atas rencana keuangan yang ia buat, tidak peduli klien menjalankan saran keuangan yang diberikan ataupun tidak. bahkan ada yang perencana keuangan yang menetapkan honornya per jam.
  2. Komisi
    Disini seorang perencana keuangan menerima bayaran dari komisi apabila klien menjalankan saran keuangan yang diberikan. dalam hal ini anda sebagai klien harus jeli, pastikan saran keuangan yang diberikan sesuai dengan tujuan keuangan anda, karena kadang demi mendapatkan komisi dari produk yang ditawarkan seorang perencana keuangan mengabaikan tujuan keuangan anda.
  3. Honor + Komisi
    Perencana keuangan menerima honor atas rencana keuangan yang dibuat dan disarankannya, dan apabila klien menjalankan rencana itu, maka siperencana keuangan juga akan menerima komisi dari produk produk keuangan  yang di sarankan kepada kliennya.

Tentu saja masing masing cara memiliki konsekuensinya tersendiri, tetapi bila anda ingin mencari perencana yang bisa memberikan saran yang terbaik pastikan anda memilih perencana keuangan yang tulus membantu anda.

Beberapa perencana keuangan menawarkan jasa mereka secara gratis terutama mereka yang memiliki afiliasi dengan perusahaan asuransi dan sebagai bentuk sosialisasi perencanaan keuangan kepada masyarakat luas, tentu hal ini adalah kabar baik bagi anda yang ingin dibuatkan rencana keuangan. namun sebelumnya pastikan bahwa si-perencana ini adalah orang yang tulus membantu anda, pastikan juga perusahaan asuransi tempat mereka bernaung memiliki produk yang memadai untuk membantu anda mencapai tujuan keuangan anda. so tunggu apalagi mari buat perencanaan keuangan sebagai awal menuju kebebasan financial anda :)

Info jasa perencanaan keuangan dapat menghubungi kami di 081314154684 atau email ke Info@asuransijiwaku.com,  dalam rangka menyambut tahun baru 2010 tersedia jasa “perencanaan keuangan” gratis untuk 100 orang pertama yang menghubungi kami sebelum tanggal 31 Januari 2010, manfaatkan kesempatan ini karena anda akan mendapatkan jasa perencanaan keuangan dan pengalaman merencanakan keuangan anda secara profesional senilai lebih dari Rp. 1.000.000,-

en.pdf24.org    Send article as PDF   

Tags: ,

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.