Home » Perencanaan Keuangan

Pensiun Dini-Tips Merancang "Pensiun Dini" dan "Sejahtera"

Submitted by on March 26, 2010 – 11:50 am | 6,855 views

Pensiun dini dan sejahtera merupakan keinginan semua orang, saya yakin 100% bahwa anda juga sangat menginginkannya karena dengan “pensiun dini” dan sejahtera anda dapat melakukan semua impian anda, hobi anda yang mungkin selama ini tertunda akibat pekerjaan yang harus anda kerjakan ketika masih aktif bekerja, sehingga ketika pensiun dini semua itu dapat anda nikmati dalam kondisi masih fit dan sempurna. misalnya anda ingin jalan jalan keliling dunia, tentu jauh lebih nyaman dan menyenangkan jika anda dapat melakukannya di saat usia yang masih muda dan fit dibandingkan saat usia anda sudah uzur dan renta bukan?

Tapi kenyataannya orang yang “pensiun dini” dan sejahtera tidak banyak ? hanya 1 % saja yang benar benar pensiun dini dan sejahtera, kenapa bisa demikian? di article kali ini saya akan memberikan tips merancang “pensiun dini” dan sejahtera agar anda dapat bergabung dalam komunitas 1% ini. berikut tips nya :

  1. Tetapkan secara jelas kapan anda ingin pensiun, tanggal, bulan dan tahunnya
  2. Cari tahu berapa besar biaya hidup anda di saat pensiun nanti, misalnya dengan  cara mengalikan biaya kebutuhan hidup saat ini dengan rata rata inflasi setiap tahun
  3. Inventarisasi aset yang dimiliki saat ini, misalnya: rumah, kendaraan, emas dan perhiasan serta portfolio investasi anda, hitung rata rata pengembalian masing masing aset ini
  4. Inventarisasi hutang anda, misalnya: hutang KPR,  leasing kendaraan, hutang kartu kredit dan lainnya
  5. Cari instrumen investasi yang menguntungkan dan sesuaikan dengan profile resiko anda, ingat pensiun adalah ketika uang hasil investasi anda diambil dan di bungakan dengan tabungan yang sangat konservatif, hasilnya masih melebihi kebutuhan anda di saat pensiun
  6. Ingat untuk meng- asuransikan jiwa anda, saya yakin impian anda bukan hanya untuk anda nikmati sendiri, tetapi tentu anda ingin menikmati “pensiun dini” ini bersama orang yang anda cintai, dan tentu anda juga ingin memastikan bahwa orang tersebut dapat melalui hidup nya dengan sejahtera jika sampai harus terpisah dengan anda selamanya.
  7. Cari asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan dengan manfaat  yang sesuai tagihan dan dapat diperpanjang hingga usia yang panjang, minimal memberikan perlindungan hingga anda berusia lebih dari 70 tahun, karena tentu anda tidak ingin hasil jerih payah anda yang tadinya direncanakan untuk di nikmati di masa pensiun malah habis terkuras oleh biaya tagihan rumah sakit.

Demikian beberapa tips agar anda dapat “pensiun dini “dan sejahtera, dan untuk membantu anda merancang Pensiun anda sejak dini dan sejahtera, berikut kami sediakan kalkulator pensiun yang dapat anda download disini:

PDF24    Send article as PDF   

Tags: ,

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.