Home » Asuransi Kesehatan

Klaim Asuransi Kesehatan – Tips Mempermudah "Klaim Asuransi Kesehatan"

Submitted by on September 10, 2009 – 10:00 am | 19,358 views

klaim-asuransi-kesehatan-tips-mempermudah-klaim-asuransi-kesehatanKlaim asuransi kesehatan ? kan saya memiliki asuransi kesehatan cashless ? ya, memang benar jika anda memiliki asuransi kesehatan cashless ketika dirawat di rumah sakit rekanan (provider) tentu anda tidak perlu mengajukan klaim sama sekali, karena anda tinggal menunjukkan kartu lalu tidur dan dirawat “secara free” karena seluruh biaya perawatan anda akan ditagihkan langsung kepada perusahaan asuransi anda, sehingga sangat membantu dan “tidak merepotkan” anda.

Tetapi bayangkan, jika anda sampai harus dirawat di rumah sakit yang bukan rekanan atau ternyata anda dirawat di luar negeri tentu anda harus membayar terlebih dahulu seluruh biaya perawatan untuk kemudian di klaim kepada perusahaan asuransi anda bukan ? nah supaya proses klaim anda dapat diproses dengan cepat dan tidak membuat anda harus “bolak balik” untuk urusan klaim apalagi jika anda berobat keluar negeri lalu mengajukan klaim ternyata masih ada kelengkapan administrasi yang belum lengkap, berapa biaya yang harus anda keluarkan ? dan waktu yang terbuang ?

Tips mempermudah anda mengajukan klaim asuransi kesehatan ini bertujuan untuk membantu anda menghemat biaya dan waktu anda, supaya klaim anda dapat diproses dengan lancar, mari kita simak tips sederhana berikut :

1. Bukti Bayar (Kwitansi)

Khusus untuk perawatan di luar negeri, ada beberapa rumah sakit yang tidak menerbitkan kwitansi (official receipt) sebagai bukti bayar, melainkan pihak rumah sakit akan mencetak kembali “Tax Invoice” (berupa rincian tagihan) dengan mencantumkan keterangan pembayaran (tanggal, cara pembayaran) dan pada bagian paling bawah mencantumkan amount due (balance/sisa tagihan)sama dengan nol (=0). Mount Elizabeth dan Gleneagles Singapore adalah contoh rumah sakit yang menerapkan prosedur tersebut.

Salah satu persyaratan pengajuan klaim asuransi kesehatan sebagaimana tercantum dalam buku polis  adalah bukti bayar (kwitansi/receipt) dan apabila rumah sakit tidak mengeluarkan receipt melainkan mencetak kembali Tax Invoice sebagai pengganti kwitansi, maka nasabah wajib menyerahkan lembaran Tax Invoice asli (bukan duplikat/ Certified True Copy) yang mencantumkan amount due sama dengan 0 saat pengajuan klaim asuransi kesehatan. Namun jika pihak rumah sakit mengeluarkan kwitansi (receipt/official receipt) sebagai bukti bayar selain Tax Invoice maka klaim tetap harus dilengkapi dengan kwitansi.

2. Pengisian Surat Keterangan Dokter

Klaim Asuransi Kesehatan bagi anda yang mendapatkan perawatan di luar negeri, formulir Surat keterangan Dokter wajib diisi dengan lengkap dan benar oleh dokter yang merawat anda, dengan menggunakan dua (2) pilihan bahasa, yaitu Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

Apabila pihak dokter atau rumah sakit mengisi formulir dengan tidak menggunakan salah satu dari kedua bahasa tersebut maka anda wajib menyertakan terjemahan yang dibuat oleh penerjemah yang bersertifikat. Terjemahan wajib dibuat diatas kop surat institusi resmi penerjemah dan dikirimkan yang asli pada saat pengajuan klaim asuransi kesehatan.

Selain itu seluruh rincian tagihan, jenis pemeriksaan/tindakan, obat-obatan, dan lain lain wajib diserahkan kepada Perusahaan asuransi anda saat mengajukan klaim. Semua rincian yang tidak tertulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris wajib diterjemahkan sebagaimana dijelaskan diatas.

Klaim asuransi kesehatan ternyata sangat sederhana kan ? hanya ada 2 item yang perlu kita lengkapi pada saat pengajuan klaim, yaitu : kwitansi dan surat keterangan dokter. Nah, semoga tips kali ini membantu anda dan mampu memberikan sedikit pencerahan mengenai klaim asuransi kesehatan.

Bagi anda yang membutuhkan bantuan, informasi maupun tips lainnya mengenai pengajuan klaim asuransi kesehatan dapat menghubungi kami di info@asuransijiwaku.com atau di nomor 081314154684.

PDF24    Send article as PDF   

Tags: ,

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.