Home » Perencanaan Keuangan

Tujuh Hukum Financial Planning

Submitted by on April 11, 2009 – 11:05 am | 6,388 views

financialplanningMelanjutkan artikel sebelumnya mengenai financial planning, berikut ada 7 (tujuh) hukum penting dalam financial planning yang perlu di patuhi dan jalankan untuk mencapai kebebasan financial, yaitu :

  1. Yang terpenting bukan dari mana anda berasal ( latar belakang anda, keluarga anda, pendidikan anda atau apapun anda dimasa lalu), juga bukan menjadi siapa anda saat ini (orang gagal, masih┬ábelum sukses, masih mencari, dalam proses…) melainkan bagaimana kondisi anda pada saat nanti
  2. Bukan berapa besar penghasilan anda saat ini, tapi yang paling penting adalah berapa besar setiap bulan anda dapat menabung dan membangun asset anda secara disiplin
  3. Action sekarang juga, financial planning bukan hanya sekedar teori, jadi Lakukan sekarang juga karena kalau bukan sekarang kapan lagi?
  4. Setiap keping uang anda adalah penting dan berharga, begitu juga dengan setiap detik waktu anda sangat bernilai, mulailah sejak dini untuk mendapatkan hasil tertinggi, dan ingat sekali lagi Lakukan dengan Disiplin!
  5. Jangan bekerja untuk uang, dan membuat hidup anda dikendalikan oleh uang. menurut Robert T.Kiyosaki orang kaya adalah orang yang mempunyai pasif income perbulan minimal 3 (tiga) kali dari biaya hidup perbulan, artinya ketika seseorang tidak bekerja lagi tetap mampu bertahan hidup dengan gaya hidup yang sama seperti ketika masih bekerja bahkan gaya hidup cenderung lebih baik dan meningkat. Anda pilih yang mana?
  6. Kalahkan inflasi, hukum ke enam dari financial planning adalah mengalahkan inflasi. anda tidak perlu investasi yang rumit tetapi yang terpenting investasi yang anda lakukan harus mengalahkan inflasi.
  7. Jangan serakah, ingin cepat kaya adalah hal yang wajar dan manusiawi tetapi ingat jangan melakukan investasi jika anda belum memahami tentang investasi tersebut, bukannya untung nanti anda malah buntung, ingat menyesal selalu datang belakangan, jadi berhati-hatilah terhadap setiap penawaran investasi.

Bagaimana dengan ke tujuh hukum financial planning diatas? ingat, “knowledge is something and applying what you know is everything”, semoga ketujuh hukum financial planning diatas membantu anda mencapai kebebasan financial anda.

PDF24    Send article as PDF   

Tags:

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.