Home » Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa dan Mekanisme-nya

Submitted by on February 5, 2010 – 8:32 am 4 Comments | 9,177 views

Mekanisme Asuransi Jiwa pada prinsipnya sangatlah sederhana, orang orang yang menghadapi resiko yang sama sepakat untuk mengumpulkan sejumlah uang (premi) untuk disimpan. Lalu kapanpun diantara mereka atau tanggungan mereka (misalnya: keluarga) mengalami resiko maka mereka akan diberikan kompensasi dari dana simpanan tadi.

Apa anda merasa tidak asing dengan mekanisme asuransi jiwa diatas? saya yakin jawaban anda pasti “Ya”, karena bagi anda yang terlahir dan dibesarkan di Indonesia tentu mengenal sifat gotong royong yang telah terkenal sejak jaman nenek moyang kita berabad abad yang lalu, berat sama dipikul ringan sama dijinjing, namun sayangnya sejak era reformasi hingga sekarang sifat sifat ini sudah mulai luntur sebagai akibat tuntutan ekonomi yang semakin besar dan berat sehingga mengakibatkan individu terbelenggu oleh kesibukan masing masing sehingga waktu untuk bersosialisasi dengan sesama anggota masyarakat menjadi semakin berkurang.

Mungkin itu pula yang mengakibatkan asuransi jiwa mengalami masa jayanya sejak era reformasi hingga sekarang, tentu tanpa mengurangi makna gotong royong itu sendiri karena secara tidak langsung semangat dan mekanisme asuransi jiwa itu sendiri memiliki kemiripan dengan sifat dasar dari bangsa Indonesia tercinta ini.

Resiko resiko apa saja yang ditanggung oleh asuransi jiwa bagi anggotanya?

  • Kematian karena usia / sakit
  • Kematian karena kecelakaan
  • Cacat
  • Sakit
  • Biaya pendidikan yang terus meningkat
  • Kehilangan Penghasilan
  • dll (seiring perkembangan zaman, resiko yang ditanggung semakin diperluas cakupannya – ini tentu merupakan kabar baik bagi anda)

Apakah resiko resiko diatas hanya bagi orang tertentu saja? ataukah anda juga pasti memiliki potensi resiko yang sama? seandainya anda mengalami salah satu resiko diatas apakah anda ingin membebankan nya kepada anggota keluarga, saudara atau bahkan teman anda? atau anda lebih baik menabung sejumlah premi sejak dini sehingga ketika resiko diatas menghampiri anda tidak perlu menyusahkan mereka secara langsung?  keputusan bijak ini ada ditangan anda, segera hubungi agen asuransi jiwa anda atau hubungi kami di info@asuransijiwaku.com mengenai info asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

en.pdf24.org    Send article as PDF   

Tags: ,

4 Comments »

  • anto says:

    tolomng di balas di email amnak saya.
    saya berumur 47 tahun
    saya sedang mempertimbangkan mengambil asuransi.
    saat ini saya mendapatkan 3 proposal dari prudential, alliance, dan sequis.
    saya memiliki budget 60 jt selama 2 tahun saja.
    setelah saya melihat proposal.saya agak bingung, karna semua agen berkata asuransi mereka bagus.
    saya lebih fokus pada perlindungan kesehatan. investasi yang bagus adalah no2.
    menurut anda saya harus memilih yang mana?
    terima kasih buat balasannya..

    • admin says:

      @ Bapak Anto,
      Terima kasih atas permintaan anda, pada prinsipnya semua agen akan mengklaim bahwa produk asuransi kesehatan mereka adalah yang paling bagus tetapi dalam hal ini anda harus memutuskan yang terbaik bagi anda dan keluarga, karena asuransi kesehatan yang anda ambil adalah untuk anda bukan agen anda.

      Penjelasan secara rinci plus minus masing masing produk telah diemail, demikian. terima kasih.

      Salam,
      Info@asuransijiwaku.com

  • nike outlet says:

    This is a very interesting reading and learning a lot. This information is very complete.

  • Sutrisno says:

    yth Pak Anto,
    Saya setuju untuk bapak yang Justru mermemilih asuransi utk proteksi kesehatan. Harus lebihberhati2 pak dalam memilih asuransi satu ha yg pasti, asuransi adalah pembsayarna premi untuk menghadpai resiko tidak terdug.dan itu berarti kita membayar. yg perlu dipastikan adalah besar yang kita bayar sesuai dengan manfaat yang kita peroleh.
    Hati2 pak dengan agen yang mengatakan premi tidak hangus malah akan kembali ditahun sekian dengan keuntungan beripat.tidak ada premi yang tidak hangus. Justru uang yang anda setor bisa hangus tidak hanya uang porsi premi asuransi, tapi uang porsi investasi yang anda tabung jg ad kemungkinan hangus krn kinerja keuangan investasi berbeda2. tapi sberapa besar nilai hangusnya yg perlu diketahui. Kata2 tidak hangus menjadi simple dimulut agen tp klo dijelaskan lebih detail akan sangat membuat anda terkejut karena memang ada biaya2 yang tak diketahui muncul dan anda hanya mengetahui itu pada saat penarikan dana.

    Untuk prosi investasi sebaiknya anda taruh dikantong yg terpisah untuk memudahkan pemeriksaaan.banyak sekali perusahaan investasi yang juga memberikan imbal balik tinggi dibanding perusahaan yang anda sebutkan diatas. kalau anda memilih produk yang meggabungkan asuransi + investasi sangatlah sulit untuk mengecek besar komponen biaya yg memotong tabungan anda(karena sudah gerenate automatis hasil akhirnya)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.